Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid Dalam Al-Qur'an Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran PAI

Authors

  • Sri Wahyuni Sri Wahyuni dosen
  • Hendri Yahya Saputra
  • Miftahul Jannah

Keywords:

Tauhid, Alquran, Pendidikan Agama Islam, Tauhid, Alquran, Pendidikan Agama Islam, Nilai, Pembelajaran

Abstract

, Penelitian ini merupakan studi pustaka yang bertujuan untuk mengkaji nilai-nilai pendidikan tauhid yang terkandung dalam Al-Qur’an serta implikasinya terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di lingkungan pendidikan formal. Tauhid sebagai inti ajaran Islam memiliki peran fundamental dalam membentuk akidah, moral, dan perilaku peserta didik. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif dan analisis isi terhadap ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan tauhid, ditemukan bahwa nilai-nilai tauhid tidak hanya menekankan aspek keimanan kepada Allah secara vertikal, tetapi juga berdampak pada relasi sosial, tanggung jawab moral, serta pembentukan karakter yang berintegritas. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran PAI harus diarahkan tidak hanya pada aspek kognitif, tetapi juga pada internalisasi nilai-nilai tauhid secara afektif dan psikomotorik. Dengan demikian, guru PAI perlu merancang pembelajaran yang kontekstual dan aplikatif agar nilai-nilai tauhid dapat tertanam kuat dalam kehidupan peserta didik.

References

Abu Kholil, M. (2024). Integrasi Nilai–Nilai Islam dalam Kurikulum Pendidikan: Studi Literatur pada Perspektif Pendidikan Berbasis Tauhid. Al Mikraj: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 5(1), 45–60.

Syarifah, S., Anwar, S., Anwar, H., Yusron, A., & Destianingsih, D. (2022). Implementasi Sistem Pendidikan Tauhid dalam Pembelajaran PAI di SMPIT Bias Yogyakarta. Jurnal Sustainable, 5(2), 457–465.

Hamidah, D. (2022). Pendidikan Islam Berbasis Nilai Tauhid. Tsamratul Fikri: Jurnal Studi Islam, 15(2), 183–194.

Taufik, M. (2021). Aktualisasi Nilai–Nilai Pendidikan Tauhid Bagi Peserta Didik Perspektif Al-Qur’an dalam Surah Al Ikhlas dan Luqman Ayat 13. Jurnal PAI Raden Fatah, 5(4), 150–165.

Creswell, J. (2020). Desain Penelitian: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (edisi ke-4). Thousand Oaks: CA: Publikasi Sage.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Kholiq, M. N. (2018). Nilai–Nilai Pendidikan Tauhid dalam Kitab Jawāhir al Kalamiyah. Disertasi, IAIN Salatiga. Jurnal Basicedu, 2(1), 30–45

Al-Attas, S. N. M. (1979). Islam and Secularism. Kuala Lumpur: Muslim Youth Movement.

Rahman, A. (2020). Pendidikan Tauhid sebagai Basis Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik. Jurnal Al Tadzkiyyah, 11(2), 145–158.

Nata, A. (2005). Akhlak, Tasawuf, dan Karakter Bangsa. Jakarta: Rajawali Press.

Rahman, A. (2020). Pendidikan Tauhid sebagai Basis Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik. Jurnal Al Tadzkiyyah, 11(2), 145–158.

Hasan, L. (2019). Tauhid sebagai Sumber Etika dalam Pendidikan Islam. Jurnal Al Hikmah, 20(1), 23–34.

Abdullah, M. (2016). Tauhid sebagai Paradigma Epistemologi Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 14(1), 45–57.

Ramdhan, T. W. (2019). Desain Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Tauhid. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 120–135.

Published

2025-07-07

How to Cite

Sri Wahyuni, S. W., Hendri Yahya Saputra, & Miftahul Jannah. (2025). Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid Dalam Al-Qur’an Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran PAI. JURNAL ABSHAR: Jurnal Hukum Keluarga Islam, Pendidikan, Kajian Islam Dan Humaniora, 6, 22–28. Retrieved from https://ojs.staisamora.ac.id/index.php/samora/article/view/118