Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Fuzzle Angka Di Kelompok B Ra Al – Khoirot Pematangsiantar

Authors

  • Ramianti Pulungan
  • Yenny Faryda Pulungan

Keywords:

Kemampuan Kognitif, Permainan Fuzzle, Peningkatan

Abstract

Dalam mengembangkan kreativitas Anak ada banyak upaya yang biasa kita lakukan. Prinsip pendidikan Anak Usia Dini Yaitu belajar sambil bermain atau bermain sambil belajar. Dimana kita telah mengetahui dunia anak anak adalah dunia Bermain. Melalui bermain anak dapat mengorganisasikan berbagai pengalaman dan kemampuan kognitifnya dalam upaya menyusun kembali gagasan gagasan yang indah. Dengan kata lain, bermain merupakan tahap awal dari proses belajara yang dilami semua manusia. Dalam proses pelaksanaan kegiatan bermainpuzzle, pendidkan pada umumnya menghadapi masalah dalam penjelasan kegiatan terlihat dari hasil karya anak yang berbantuk fortofolio belum menunjukan hasil yang baik. Masalah yang dihadapi anak anak RA AL-KHOIROT dalam memahami dan meransang minat serta dapat memotivasi dalam pelaksanaan peningkatan kemampuan kognitif anak melalui permainan puzzle menunjukan perlu adanya perbaikan dalam kegiatan pembelajaran  tersebut. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak anak usia 5-6 tahun agar lebih menyukai pembelajaran sambil bermain puzzle, Untuk memancing daya cipta anak, Untuk melatih daya kosentrasi anak dan daya hitungnya. Penilitian ini akan memberikan sesuatu variasi pembelajaran pada anak usia dini Dengan harapan kegiatan belajara lebih mudah dan efisien. Penilitian ini dapat memberikan menfaat khususnya pada peserta didik anak usia dini, guru dan sekolah itu sendiri akan peningkatan kualitas dan kebehasilan pembelajaran

References

Arikunto, S. (1999). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Tarsito.

Depdiknas. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Montolalu, B. E. F., dkk. (2005). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Moeslichaton. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rieneke Cip.

Santoso, Soegeng. (2004). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Pendidikan.

Sujiono, Y. N., dkk. (2008). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suyadi. (2009). Permainan Edukatif yang Mencerdaskan. Yogyakarta: Power Books.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Sinar Grafika.

Universitas Terbuka. (1997). Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

www.kafebalita.com (2009).

Downloads

Published

2024-07-28

How to Cite

Ramianti Pulungan, & Yenny Faryda Pulungan. (2024). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Fuzzle Angka Di Kelompok B Ra Al – Khoirot Pematangsiantar. JURNAL ABSHAR: Jurnal Hukum Keluarga Islam, Pendidikan, Kajian Islam Dan Humaniora, 4, 59–65. Retrieved from https://ojs.staisamora.ac.id/index.php/samora/article/view/95