Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Fuzzle Angka Di Kelompok B Ra Al – Khoirot Pematangsiantar
Keywords:
Kemampuan Kognitif, Permainan Fuzzle, PeningkatanAbstract
Dalam mengembangkan kreativitas Anak ada banyak upaya yang biasa kita lakukan. Prinsip pendidikan Anak Usia Dini Yaitu belajar sambil bermain atau bermain sambil belajar. Dimana kita telah mengetahui dunia anak anak adalah dunia Bermain. Melalui bermain anak dapat mengorganisasikan berbagai pengalaman dan kemampuan kognitifnya dalam upaya menyusun kembali gagasan gagasan yang indah. Dengan kata lain, bermain merupakan tahap awal dari proses belajara yang dilami semua manusia. Dalam proses pelaksanaan kegiatan bermainpuzzle, pendidkan pada umumnya menghadapi masalah dalam penjelasan kegiatan terlihat dari hasil karya anak yang berbantuk fortofolio belum menunjukan hasil yang baik. Masalah yang dihadapi anak anak RA AL-KHOIROT dalam memahami dan meransang minat serta dapat memotivasi dalam pelaksanaan peningkatan kemampuan kognitif anak melalui permainan puzzle menunjukan perlu adanya perbaikan dalam kegiatan pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak anak usia 5-6 tahun agar lebih menyukai pembelajaran sambil bermain puzzle, Untuk memancing daya cipta anak, Untuk melatih daya kosentrasi anak dan daya hitungnya. Penilitian ini akan memberikan sesuatu variasi pembelajaran pada anak usia dini Dengan harapan kegiatan belajara lebih mudah dan efisien. Penilitian ini dapat memberikan menfaat khususnya pada peserta didik anak usia dini, guru dan sekolah itu sendiri akan peningkatan kualitas dan kebehasilan pembelajaran
References
Arikunto, S. (1999). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Tarsito.
Depdiknas. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.
Montolalu, B. E. F., dkk. (2005). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Moeslichaton. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rieneke Cip.
Santoso, Soegeng. (2004). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Pendidikan.
Sujiono, Y. N., dkk. (2008). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suyadi. (2009). Permainan Edukatif yang Mencerdaskan. Yogyakarta: Power Books.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Sinar Grafika.
Universitas Terbuka. (1997). Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
www.kafebalita.com (2009).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ramianti Pulungan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).