Pengaruh Penerapan Metode Tanya Jawab Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI MPLB 2 SMK-1 Swasta Tamansiswa Cabang Pematangsiantar T.P 2024/2025

Authors

  • Samro Himtihani Nasution STAI SAMORA PEMATANGSIANTAR
  • Fachmi Nugraha Fachrezy
  • Erayadi

Keywords:

Pengaruh, Metode Tanya Jawab, Motivasi Belajar

Abstract

Beberapa masalah yang dihadapi oleh peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu siswa kurang aktif dan cenderung bosan dalam proses pembelajaran sehingga berdampak Menurunnya motivasi belajar, salah satu penyebabnya adalah jam pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI MPLB 2 dilaksanakan pada jam terkahir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingakatan motivasi belajar siswa pada materi Berpikir kritis dan semangat mencintai IPTEK di SMK-1 Swasta Tamansiswa Cabang Pematangsiantar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One Group angket. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MPLB 2  yang berjumlah 23 orang. Pengumpulan data menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, lembar tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tanya jawab berpengaruh kepada motivasi belajar siswa pada materi Berpikir kritis dan semangat mencintai IPTEK Pada hasil belajar, berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh hasil yakni nilai signifikansi 0,200 > 0,05 yang menyatakan bahwa hasil data untuk Metode dan motivasi berdistribusi normal. Hasil uji -t diperoleh dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05, maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya adanya pengaruh metode tanya jawab terhadap motivasi belajar siswa pada materi Berpikir kritis dan semangat mencintai IPTEK. Nilai pengaruh tersebut berkategori signifikan dengan membandingkan nilai thitung sebesar 4,161 dan nilai ttabel sebesar 2,079. dengan yang diperolehnya thitung > ttabel sehingga dikategorikan berpengaruh meningkatnya motivasi belajar siswa dan menghitung nilai koefisien determinasi, R2 sebesar 0.452.

References

Aqib,Zainal . Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Bandung : Yrama Widya, 2020.

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran . Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2015.

Hakim, Arif Rahman, Metode Pengajaran Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi, Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial, 9, no.2, 2015.

Nizar, Samsul. Pengantar Dasar-dasar Pemikiran Pendidikan Islam Jakarta : Gaya Media Pratama, 2019.

R. Ibrahim dan Nana Syaodih S. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010.

Rosnawati. Teori – Teori Belajar dan Pembelajaran . Jawa Barat : CV. Adanu Abimata, 2020.

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press, 2018.

Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta, 2019.

Usman, M. Basyiruddin. Metodologi Pembelajaran Islam. Jakarta: Ciputat Pres, 2010.

Usman. Manajemen Teori, Praktik dam Riset Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara, 2013.

Published

2025-07-07

How to Cite

Nasution, S. H., Fachrezy, F. N., & Erayadi. (2025). Pengaruh Penerapan Metode Tanya Jawab Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI MPLB 2 SMK-1 Swasta Tamansiswa Cabang Pematangsiantar T.P 2024/2025. JURNAL ABSHAR: Jurnal Hukum Keluarga Islam, Pendidikan, Kajian Islam Dan Humaniora, 6. Retrieved from https://ojs.staisamora.ac.id/index.php/samora/article/view/119