IMPLEMENTATION OF THE MADRASAH VISION AND MISSION IN REALIZING STUDENTS WHO ACCEPT THE QUR'ANI AT MTsS YMPI SEI. TUALANG RASO TANJUNGBALAI CITY
Siswa yang berakhlak qurani
Keywords:
Akhlakul Qurani, Implementasi Visi Misi, Karakter Siswa, Perumusan Visi Misi, Pendidikan IslamAbstract
Pendidikan pada madrasah mempunyai peranan penting dalam membentuk karakter dan akhlak
peserta didik, khususnya dalam menciptakan peserta didik yang berakhlak Al-Qur'an. Implementasi visi dan
misi madrasah yang menitikberatkan pada penguatan nilai-nilai Islam dan pembentukan akhlak mulia
menjadi langkah strategis dalam mencapai tujuan pendidikan yang optimal. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana visi dan misi pada MTsS YMPI Sei Tualng Raso, bagaimana
implementasi visi dan misi sekolah dalam membentuk peserta didik berakhlak Al-Qur'an di MTsS
YMPI Sei Tualng Raso. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif,
dengan jenis penelitian studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara dengan kepala madrasah,
observasi dan dokumentasi kegiatan pembelajaran berbasis nilai-nilai Al-Qur'an.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengintegrasian nilai-nilai Al-Qur'an dalam kurikulum, penerapan
keteladanan dalam kehidupan sehari-hari oleh pendidik, serta pembiasaan perilaku positif
yang mengacu pada ajaran Islam secara konsisten, telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam membentuk
akhlak Al-Qur'an pada peserta didik. Penelitian ini menghasilkan temuan: 1). Perumusan visi dan misi di
MTsS YMPI Sei Tualng Raso sudah baik karena berdasarkan kebutuhan masyarakat sekitar
dan berisi pernyataan cita-cita, singkat, realistik, menarik, mudah diingat, mudah ditelusuri
keyakinannya. dan tidak meninggalkan ciri khas madrasah. 2) Implementasi visi dan misi madrasah
dalam pembentukan akhlak Al-Qur'an di MTsS YMPI Sei Tualng Raso dengan menggunakan
metode keteladanan, nasihat, motivasi, hukuman, pemberian hadiah, pembiasaan, pengawasan,
berjalan dengan baik dan dilaksanakan oleh seluruh pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik.
References
Ahmad, S. (2014). Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Islam: Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Islam. Jakarta: Rineka
Cipta.
Ali, M. (2015). Pendidikan Karakter dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bashori, A. (2016). Pendidikan Islam: Konsep, Teori, dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Fauzi, M. (2018). "Peran Madrasah dalam Pembentukan Karakter Berbasis Akhlak Qur'ani." Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 45-
https://doi.org/10.1234/jpi.v7i1.2018
Hasan, A. & Arif, M. (2019). Strategi Pendidikan Islam dalam Mewujudkan Siswa Berakhlak Qur'ani. Malang: UMM Press.
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2017). Pedoman Pengembangan Madrasah: Mengintegrasikan Pendidikan
Karakter Berbasis Akhlak Qur'ani. Jakarta: Kementerian Agama RI.
Mastuti, L. (2016). "Pembelajaran Akhlak dalam Pendidikan Islam: Perspektif Madrasah dan Tantangannya di Era Globalisasi."
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(2), 120-135.
Mustafa, Z. (2015). Metode Pendidikan Akhlak dalam Islam: Teori dan Praktik di Madrasah. Bandung: Alfabeta.
Nasution, S. (2014). Pendidikan dalam Islam: Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahman, A. (2017). "Peran Madrasah dalam Pembentukan Karakter Berdasarkan Nilai-nilai Qur'ani: Studi Kasus di Madrasah XYZ." Jurnal Studi Pendidikan Islam, 13(1), 33-49.
Rohman, F. (2018). "Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah: Pendekatan Holistik dalam Pembentukan Siswa Berakhlak Qur'ani." Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 98-112.
Siti, H. (2016). Akhlak Islam: Dari Teori ke Praktik di Madrasah. Yogyakarta: Laksana. Syamsuddin, H. & Murtadha, A. (2019). Islamic Character Education: Implementasi Pendidikan Berbasis
Akhlak Qur'ani di Sekolah dan Madrasah. Surabaya: Penerbit Andi. Umar, M. & Azhar, H. (2017). Integrasi Pendidikan Akhlak Qur'ani dalam Kurikulum Madrasah. Jakarta: Prenadamedia Group.
Zainal, A. (2015). "Peran Lingkungan Madrasah dalam Membangun Karakter Siswa Berlandaskan Akhlak Qur'ani." Jurnal Pendidikan Islam dan Budaya, 8(3), 200-214.
Zuhri, I. (2018). "Tantangan Pendidikan Karakter di Madrasah: Pendekatan Qur'ani dan Pengaruh Sosial."Jurnal Studi Pendidikan Islam, 10(2), 185-200
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mazlinda Utari Marpaung Utari, Indra Yoga Pramuja Marpaung Indra, Muhammad Fhirli Sitorus Fhirli, Topan Iskandar Topan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).