IMPLEMENTATION OF THE MADRASAH VISION AND MISSION IN REALIZING STUDENTS WHO ACCEPT THE QUR'ANI AT MTsS YMPI SEI. TUALANG RASO TANJUNGBALAI CITY

Siswa yang berakhlak qurani

Authors

  • Mazlinda Utari Marpaung Utari STAI NURUL ILMI KotaTanjungbalai
  • Indra Yoga Pramuja Marpaung Indra
  • Muhammad Fhirli Sitorus Fhirli
  • Topan Iskandar Topan

Keywords:

Akhlakul Qurani, Implementasi Visi Misi, Karakter Siswa, Perumusan Visi Misi, Pendidikan Islam

Abstract

Pendidikan pada madrasah mempunyai peranan penting dalam membentuk karakter dan akhlak
peserta didik, khususnya dalam menciptakan peserta didik yang berakhlak Al-Qur'an. Implementasi visi dan
misi madrasah yang menitikberatkan pada penguatan nilai-nilai Islam dan pembentukan akhlak mulia
menjadi langkah strategis dalam mencapai tujuan pendidikan yang optimal. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana visi dan misi pada MTsS YMPI Sei Tualng Raso, bagaimana
implementasi visi dan misi sekolah dalam membentuk peserta didik berakhlak Al-Qur'an di MTsS
YMPI Sei Tualng Raso. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif,
dengan jenis penelitian studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara dengan kepala madrasah,
observasi dan dokumentasi kegiatan pembelajaran berbasis nilai-nilai Al-Qur'an.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengintegrasian nilai-nilai Al-Qur'an dalam kurikulum, penerapan
keteladanan dalam kehidupan sehari-hari oleh pendidik, serta pembiasaan perilaku positif
yang mengacu pada ajaran Islam secara konsisten, telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam membentuk
akhlak Al-Qur'an pada peserta didik. Penelitian ini menghasilkan temuan: 1). Perumusan visi dan misi di
MTsS YMPI Sei Tualng Raso sudah baik karena berdasarkan kebutuhan masyarakat sekitar
dan berisi pernyataan cita-cita, singkat, realistik, menarik, mudah diingat, mudah ditelusuri
keyakinannya. dan tidak meninggalkan ciri khas madrasah. 2) Implementasi visi dan misi madrasah
dalam pembentukan akhlak Al-Qur'an di MTsS YMPI Sei Tualng Raso dengan menggunakan
metode keteladanan, nasihat, motivasi, hukuman, pemberian hadiah, pembiasaan, pengawasan,
berjalan dengan baik dan dilaksanakan oleh seluruh pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik.

References

Ahmad, S. (2014). Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Islam: Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Islam. Jakarta: Rineka

Cipta.

Ali, M. (2015). Pendidikan Karakter dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bashori, A. (2016). Pendidikan Islam: Konsep, Teori, dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Fauzi, M. (2018). "Peran Madrasah dalam Pembentukan Karakter Berbasis Akhlak Qur'ani." Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 45-

https://doi.org/10.1234/jpi.v7i1.2018

Hasan, A. & Arif, M. (2019). Strategi Pendidikan Islam dalam Mewujudkan Siswa Berakhlak Qur'ani. Malang: UMM Press.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2017). Pedoman Pengembangan Madrasah: Mengintegrasikan Pendidikan

Karakter Berbasis Akhlak Qur'ani. Jakarta: Kementerian Agama RI.

Mastuti, L. (2016). "Pembelajaran Akhlak dalam Pendidikan Islam: Perspektif Madrasah dan Tantangannya di Era Globalisasi."

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(2), 120-135.

Mustafa, Z. (2015). Metode Pendidikan Akhlak dalam Islam: Teori dan Praktik di Madrasah. Bandung: Alfabeta.

Nasution, S. (2014). Pendidikan dalam Islam: Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahman, A. (2017). "Peran Madrasah dalam Pembentukan Karakter Berdasarkan Nilai-nilai Qur'ani: Studi Kasus di Madrasah XYZ." Jurnal Studi Pendidikan Islam, 13(1), 33-49.

Rohman, F. (2018). "Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah: Pendekatan Holistik dalam Pembentukan Siswa Berakhlak Qur'ani." Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 98-112.

Siti, H. (2016). Akhlak Islam: Dari Teori ke Praktik di Madrasah. Yogyakarta: Laksana. Syamsuddin, H. & Murtadha, A. (2019). Islamic Character Education: Implementasi Pendidikan Berbasis

Akhlak Qur'ani di Sekolah dan Madrasah. Surabaya: Penerbit Andi. Umar, M. & Azhar, H. (2017). Integrasi Pendidikan Akhlak Qur'ani dalam Kurikulum Madrasah. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zainal, A. (2015). "Peran Lingkungan Madrasah dalam Membangun Karakter Siswa Berlandaskan Akhlak Qur'ani." Jurnal Pendidikan Islam dan Budaya, 8(3), 200-214.

Zuhri, I. (2018). "Tantangan Pendidikan Karakter di Madrasah: Pendekatan Qur'ani dan Pengaruh Sosial."Jurnal Studi Pendidikan Islam, 10(2), 185-200

Published

2025-01-24

How to Cite

Utari, M. U. M., Indra, I. Y. P. M., Fhirli, M. F. S., & Topan, T. I. (2025). IMPLEMENTATION OF THE MADRASAH VISION AND MISSION IN REALIZING STUDENTS WHO ACCEPT THE QUR’ANI AT MTsS YMPI SEI. TUALANG RASO TANJUNGBALAI CITY: Siswa yang berakhlak qurani. JURNAL ABSHAR: Jurnal Hukum Keluarga Islam, Pendidikan, Kajian Islam Dan Humaniora, 5, 25–33. Retrieved from https://ojs.staisamora.ac.id/index.php/samora/article/view/84