ANALISIS FAKTOR – FAKTOR PENGHAMBAT PERUBAHAN DALAM KURIKULUM MERDEKA Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Kota Tanjungbalai

Authors

  • Intan Bayzura Sirait Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Ilmi
  • Jihan Dalilah Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Ilmi
  • Siti Nur aisyah Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Ilmi
  • Siti Nurhalimah Br Hasibuan Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Ilmi
  • Topan Iskandar Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Ilmi

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Faktor Penghambat, Analisis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki faktor yang menghambat perubahan sistem pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Kota Tanjungbalai. Penghambat yang sering kali terjadi didunia pendidikan di Madrasah, minimnya pengetahuan tentang Kurikulum Merdeka yang kurang dipahami oleh tenaga pendidik di Madrasah. Meskipun demikian, penerapan kurikulum baru ini menemui berbagai tantangan, termasuk kebingungan guru dalam pembuatan modul ajar yang kompleks dan kurangnya pelatihan.  Tantangan lain mencakup keterbatasan sarana prasarana teknologi dan keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi. Maupun penerimaan peserta didik dengan materi pembelajaran yang diterapkan dalam kurikulum Merdeka. Perubahan kurikulum yang sering terjadi di  Indonesia  juga menuntut waktu dan pelatihan tambahan bagi guru. Selain itu, keterampilan soft skill guru seperti empati dan komunikasi efektif menjadi kendala dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Untuk mengatasi hambatan-hambatan ini, beberapa solusi yang diusulkan meliputi penyediaan infrastruktur teknologi dan  pelatihan bagi  guru, program  pengembangan profesional berkelanjutan,  serta kolaborasi  antara  guru,  orang  tua,  dan  masyarakat  melalui  seminar  dan  forum  diskusi. Hasil dari penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang faktor penghambat perubahan dalam kurikulum Merdeka.

References

Kurniawan, M. R. (2017). Analisis karakter media pembelajaran berdasarkan gaya belajar peserta

didik. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 491-506.

Lazwardi, D. (2017). Manajemen kurikulum sebagai pengembangan tujuan pendidikan. Al-Idarah:

Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 119-125.

Marwah, S. S., Syafe’i, M., & Sumarna, E. (2018). Relevansi konsep pendidikan menurut Ki Hadjar

Dewantara dengan pendidikan islam. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic

Education, 5(1), 14-26.

Nasution, S. W. (2022). Asesment kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar. Prosiding

Pendidikan Dasar, 1(1), 135-142.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di

Sekolah Dasar. JurnalBasicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31 004/ ba sicedu.v6

i4. 3 431

Rahimah, R. (2022). Peningkatan kemampuan guru SMP negeri 10 kota tebingtinggi dalam

menyusun modul ajar kurikulum merdeka melalui kegiatan pendampingan tahun

ajaran 2021/2022. ANSIRUPAI:PengembanganProfesiGuruPendidikanAgama Islam,

(1), 92-106.

Riska, S. A., & Afriansyah, H. (2020). Administrasi Kurikulum.

Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti, E. (2021). Peran guru penggerak dalam pendidikan

merdeka belajar di indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan , 14 (2), 88-99.

Sukariyadi, T. I. (2022). Manajemen Kurikulum.

Suratno, J., Sari, D. P., & Bani, A. (2022). Kurikulum dan Model-model Pengembangannya. Jurnal

Pendidikan Guru Matematika, 2(1).

Wisada, P. D., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi

pendidikan karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140-146.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya

Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-

Yustikia, N. W. S. (2017). Pentingnya sarana pendidikan dalam menunjang kualitas pendidikan di

sekolah. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 4(2), 1-12.

Published

2025-01-24

How to Cite

Sirait, I. B., Dalilah, J., Nur aisyah, S., Br Hasibuan, S. N., & Iskandar, T. (2025). ANALISIS FAKTOR – FAKTOR PENGHAMBAT PERUBAHAN DALAM KURIKULUM MERDEKA Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Kota Tanjungbalai. JURNAL ABSHAR: Jurnal Hukum Keluarga Islam, Pendidikan, Kajian Islam Dan Humaniora, 5, 20–24. Retrieved from https://ojs.staisamora.ac.id/index.php/samora/article/view/83