Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning(CTL) Kelas VII MTs Pondok Pesantren Syafa’aturrasul Kuantan Singingi

Authors

  • Muhammad Iqbal STAI SAMORA PEMATANGSIANTAR
  • Alhafif Syahputra
  • Alfariansyah Purba

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan Kontekstual

Abstract

Abstrak, Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL) merupakan model pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan siswa secara penuh dalam kegiatan pembelajaran. Siswa dibimbing dalam membangun pengetahuan, berpikir kritis, kreatif, dan memecahkan masalah. Belajar dalam konteks CTL bukan hanya sekadar menghafal, mencatat, dan mendengarkan, akan tetapi belajar adalah proses pengalaman yang bermakna dan menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL) dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII di MTs PP. Syafa’aturrasul Kuantan Singingi tahun pelajaran 2021- 2022. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru bahasa Arab, dan siswa kelas VII. Dalam memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan dalam penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa metode yaitu, metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam teknis analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan, penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL) dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII di MTs PP. Syafa’aturrasul Kuantan Singingi tahun pelajaran 2021- 2022, mulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran sudah sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran CTL. Namun dalam proses pelakasanaannya dari 7 komponen pembelajaran yang meliputi konstruktivisme, inquiry, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian autentik, hanya 5 komponen pembelajaran yang baru diterapkan. Adapun yang menjadi faktor pendukung dalam penerapan model CTL dalam pembelajaran bahasa Arab adalah adanya sikap profesional guru yang selalu berusaha mengaktifkan siswa dalam belajar, minat belajar siswa yang tinggi, dan susana belajar yang menyenangkan. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan tersebut adalah adanya sebagian siswa yang enggan menyampaikan pendapatnya, latar belakang siswa yang berbeda satu sama lain, dan kurangnya fasilitas dan sumber belajar yang memadai.

References

DAFTAR PUSTAKA

Asrori, I. Strategi Belajar Bahasa Arab. Malang: Misykat, 2014.

Baharuddin, Teori belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007.

Effendy, A.F. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat, 2009.

Hasnawati, Pendekatan CTL Hubungannya Dengan Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Jurnal Ekonomi dan pendidikan UNY, 2006.

Khalilullah.M, Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: aswaja pressindo, 2014.

Nasution. S, Pengantar Linguistik Bahasa Arab. Sidoarjo: CV Lisan Arabi, 2017.

Pranowo, Teori Belajar Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Rohman, Fatkhur, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Madani, 2015.

Rosyidi, Agus Mukhtar, ‘Rosyidi, A. M. (2017). Model Dan Strategi Pembelajaran Diklat. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 5(1).

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA,2005.

Suja’I, Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab. Semarang:Walisongo Press, 2008.

Sumarion dengan judul. “Model Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas XI IPS 2 MAN Wates I Kulonprogo. Yogyakarta: Digital Library UIN Sunan Kalijaga. Skripsi (diakses pada hari 28 Juni 2025 pukul 14.00 WIB)

Sumiati. A, Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima, 2008.

Trianto, Mendesain Pembelajaran Kontekstual. Jakarta: cerdas pustaka publisher, 2008.

Zulhannan, Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Jakarta : Rajawali Pers, 2014.

Published

2025-07-07

How to Cite

Muhammad Iqbal, Syahputra, A., & Purba, A. (2025). Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning(CTL) Kelas VII MTs Pondok Pesantren Syafa’aturrasul Kuantan Singingi. JURNAL ABSHAR: Jurnal Hukum Keluarga Islam, Pendidikan, Kajian Islam Dan Humaniora, 6, 55–59. Retrieved from https://ojs.staisamora.ac.id/index.php/samora/article/view/123